Kemasan Gula Aren – Gula adalah satu satu jenis pangan yang tidak bisa kita pisahkan dari kebutuhan sehari hari. Gula, termasuk gula aren biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makan atau sebagai pemanis dalam minuman tertentu seperti kopi dan teh.

Jika Anda perhatikan, ada banyak sekali jenis produk gula dipasaran, mulai dari gura pasir, gula halus, gula batu, gula aren dan berbagai jenis gula lainnya. Gula yang terkahir sekarang ini sedang menjadi perbincangan banyak orang.

Gula aren ini seringkali orang samakan dengan gula merah. Faktanya, kedua jenis gula tersebut sangat berbeda, bahkan bahan pembuatannya berbeda. Bahan pembuatan gula merah adalah nira batang pohon palem sedangkan gula aren dari sari pohon aren. Sehingga, dari segi tampilan dan warna keduanya juga berbeda.

Selain memiliki perbedaan dari aspek tampilan dan bahan pembuatannya, gula merah juga mempunyai tekstur yang lebih keras, sementara gula aren cenderung lebih mudah untuk dihancurkan. Untuk penggunaannya sendiri, gula aren sering dimanfaatkan untuk menambah cita rasa pada minuman. Seperti cendol, dawet dan lainnya.

Penggunaan dari gula merah sering dimanfaatkan untuk berbagai jenis makanan tradisional seperti semur dan gudeg. Hal tersebut disebabkan oleh karakter dari gula merah itu sendiri yang memiliki warna dan aroma yang tidak terlalu kuat. Jadi, tidak akan terlalu mempengaruhi makanan.

Kemasan gula aren
Tampilan kemasan gula aren, sumber: arenau.com

Kelebihan Bisnis Gula Aren

Sekarang ini dipasaran, ada banyak varian produk makanan dan minumam yang dikombinasikan dengan gula aren. Hal tersebut membuat produk satu ini bisa menjadi potensi bisnis yang potensial dan menguntungkan untuk Anda yang punya ketertarikan pada bisnis.

Kelebihan lain dari gula aren ada pada aspek produksinya. Jika dibandingkan dengan jenis gula lainnya, apa saja keunggulannya? Simak penjelasan di bawah ini sampai selesai.

Panen aren bisa dilakukan hampir setiap saat sehingga produksi yang bisa Anda lakukan relatif akan stabil dengan jumlah yang banyak. Hal tersebut berbeda dengan panen tebu yang hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja.

Pohon aren juga mudah ditanam pada area yang kering karena memiliki kemampuan mengikat air yang baik. Lebih dari itu, pohon aren juga bisa tumbuh pada lahan yang memiliki kontur tanah datar bahkan miring.

Dari segi perawatan, Anda juga tidak perlu repot. Karena masuk kategori tanaman hutan, Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus dan pupuk. Hal ini, dari perhitungan bisnis tentunya akan sangat menguntungkan. Anda juga bisa berkerja sama dengan para petani aren untuk mendapatkannya jika tidak ingin repot menanamnya sendiri.

Dalam proses pembuatannya pun Anda tidak membutuhkan mesin yang canggih. Jadi, untuk Anda yang memiliki bisnis rumahan, gula aren ini bisa Anda masukkan ke dalam list bisnis potensial Anda.

Namun demikian, dalam menjalankan bisnis, apapun jenisnya, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sejak awal. Misalnya mencari pemasok, menentukan segmentasi pasar, melakukan budgeting dan tentu saja memilih kemasan gula aren yang sesuai dan ingin Anda gunakan.

Gula aren bubuk
Tampilan produk gula aren bubuk, sumber: bisnisonlinekuy.com

Sadar atau tidak, kemasan pada produk gula aren merupakan ujung tombak dari bisnis yang Anda jalankan. Karena, ketika konsumen berinteraksi dengan produk Anda, yang mereka lihat pertama kali adalah bagian luarnya dulu, atau kemasannya.

Untuk bisa membuat setiap konsumen tertarik dengan produk Anda, pastikan kemasan produk Anda bisa memikat mereka. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat desain tampilan kemasan yang sederhana tapi tetap tepat sasaran.

Maksudnya adalah, tampilan kemasan yang Anda desain bisa membuat konsumen mendekati produk Anda, membaca informasi yang ada pada kemasan gula aren dan ketika mereka merasa cocok dengan produk tersebut, hasil akhirnya pasti mereka membelinya.

Kemasan Gula Aren yang Menarik

Keputusan pembelian dari konsumen, ternyata tidak sepenuhnya dari produk itu sendiri. Tak jarang konsumen menitikberatkan pilihannya pada tampilan kemasan yang menarik, meskipun mungkin mereka tidak begitu membutuhkan produk tersebut.

Untuk itu, Anda harus pandai membuat kemasan gula aren yang menarik dan unik di mata konsumen. Untuk meningkatkan nilai pada kemasan Anda, berikut ini ada beberapa fitur yang bisa Anda tambahkan.

1. Fitur Ziplock

Setiap kemasan gula aren yang sudah dilengkapi dengan ziplock akan sangat memudahkan konsumen Anda ketika menggunakan produk tersebut. Konsumen Anda bisa membuka dan menutup kemasan tanpa perlu tambahan alat bantu lain.

Penambahan fitur tersebut tentunya akan sangat menghemat waktu konsumen Anda. Selain itu, juga bisa menjaga kualitas produk tetap terjaga serta membuat produk lebih aman, karena fitur ziplock membuatnya tidak mudah tumpah.

fitur ziplock kemasan
Tampilan kemasan dengan tambahan fitur ziplock, sumber: id.bossgoo.com

Jika Anda menggunakannya pada kemasan gula aren, konsumen akan memiliki alasan lain kenapa harus menggunakan produk Anda ditengah banyaknya pilihan produk yang sama dipasaran. Jadi, segera lengkapi kemasan produk gula aren Anda dengan fitur satu ini.

2. Fitur Window

Fitur window adalah salah satu fitur yang sangat sering dipadukan pada jenis kemasan standing pouch. Keberadaan fitur satu ini pada kemasan, akan membuat konsumen semakin tertarik pada produk gula aren Anda.

Karena, konsumen bisa melihat langsung isi produk di dalamnya. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan visual yang mendukung misalnya ilustrasi toples kaca, sehingga seakan gula aren tersebut terlihat seperti berada di dalam toples kaca tersebut. Hal ini akan membuat tampilan kemasan gula aren semakin menarik.

3. Fitur Matte

Selain menggunakan fitur tambahan berupa ziplock dan window, Anda juga bisa mengombinasikan kemasan produk dengan fitur matte. Dengan tampilan yang matte, kemasan gula aren Anda akan nampak lebih premium dan eksklusif di mata konsumen dan bisa menciptakan citra brand yang baik.

Demikianlah penjelasan mengenai fitur tambahan pada kemasan untuk membuatnya tampil lebih menarik dan bisa memikat hati konsumen. Semoga ulasan singkat kami pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat pada Anda. Tetap nantikan tulisan informatif penuh wawasan kami berikutnya!