Siapa bilang bahwa produk lokal kalah saing dengan berbagai jenis produk internasional. Fakta dipasaran justru menunjukkan hal yang sebaliknya. Dengan tampilan kemasan produk yang menarik dan cantik, beberapa produk Indonesia bisa merambah dunia internasional.

Pada tulisan kali ini kami ingin memberikan informasi seputar produk Indonesia yang go internasional. Apa saja rahasia dibalik keberhasilan produk produk tersebut? Singkatnya faktor kemasan produk adalah salah satu faktor yang menunjang hal tersebut.

Mungkin masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa produk tanah air tidak bisa bersaing dengan produk Negara lain. Anggapan tersebut dengan sendirinya terbantahkan setelah melihat kiprah dari lima produk makanan dan minuman asli tanah air yang diterima oleh konsumen dunia.

Bukan hanya laku dipasaran, bahkan produk minuman dan makanan asli Indonesia yang dipasarkan yang dikombinasikan dengan kemasan produk Indonesia yang cantik sekarang ini masuk ke dalam deretan produk favorit konsumen seluruh dunia.

Produk Indonesia yang Go Internasional

Anda tentu saja penasaran bukan dengan produk apa saja yang digemari tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini sampai selesai, siapa tahu salah satu desain kemasan produk Indonesia ini bisa Anda jadikan sebagai inspirasi desain kemasan produk Anda sendiri.

kemasan produk indonesia yang terkenal di dunia, sumber: amtast.id
Tampilan berbagai jenis kemasan produk, sumber: amtast.id

1. Silver Queen

Mungkin selama ini banyak yang mengira jika produk cokelat silver queen ini berasal dari Amerika Serikat. Padahal, produk ini berasal dari Indonesia. Tampilan nama, kemasan dan cara dagangnya yang menarik membuat banyak orang tertipu.

Tidak heran, jika banyak orang yang mengira produk cokelat silver queen ini dengan berbagai jenis produk luar negeri yang ada. Produk hasil karya anak bangsa ini sudah diterima pada 17 negara di seluruh dunia dan populer dengan rasanya yang enak.

2. Indomie

Produk Indonesia berikutnya adalah indomie. Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk mie instan satu ini memang memiliki kelezatan luar biasa dan digandrungi oleh banyak kalangan. Bukan hanya diminati oleh masyarakat dalam negeri, lebih dari itu, konsumen luar negeri pun menggemarinya.

Sejak dibawa keluar negeri tahun 1992 silam sampai sekarang mie instan ini masih diminati bahkan laris manis. Hingga sekarang, sudah ada 80 negara yang menjadi konsumen tetap produk satu ini.

Menurut pengakuan konsumen mancanegara, produk indomie ini mempunyai rasa yang cocok dengan semua lidah. Terlebih lagi, desain kemasan produknya yang mendorong rasa penasaran bagi siapa saja yang melihatnya.

Di  tanah air, desain kemasan produk Indonesia ini sering kali dijadikan sebagai inspirasi untuk mengreasikan olahan mie instan sama persis dengan gambar yang ada pada kemasannya. Jika Anda punya produk instan, Anda bisa meniru konsep ini pada kemasan produk Anda, yakni menambahkan gambar sajian produk yang nampak enak.

Indomie produk asli indonesia, sumber: anekamesinpengemas.com
Indomie produk asli indonesia, sumber: anekamesinpengemas.com

3. La Fonte

Anda mungkin selama ini mengira la fonte ini berasal dari Negara luar, lebih tepatnya Negara italia. Padahal produk pasta spageti instan satu ini merupakan produk asli karya anak bangsa. Produk ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hal tersebut cukuplah menjadi bukti kepopulerannya.

Pasta instan satu ini adalah salah satu buatan dari PT Bogasari yang memang terkenal sama produk produk bahan makanan yang terbuat dari tepung ala Eropa. Sebagaimana produk lainnya, jenis produk satu ini juga sudah dipasarkan secara luas di Hong Kong, Malaysia, Thailand, Korea dan Filipina.

4. Tolak Angin

Dari segi nama, mungkin produk ke empat ini lebih menonjol keindonesiaannya, namun siapa sangka produk yang diproduksi oleh Sidomuncul ini ternyata bisa menembus pasar internasional. Produk ini memang terkenal dengan kualitas dan khasiatnya yang cukup baik.

Lebih dari itu semua, produk ini juga memiliki daya saing yang tinggi. Produk ini bisa Anda sandingkan dengan berbagai produk obat obatan kimia dan menjadi jamu terkenal dunia. Pasar luar negeri yang sudah dijangkau oleh produk ini adalah Australia, Hong Kong, Taiwan, Belanda dan Amerika Serikat.

5. Equil

Lagi lagi, mungkin Anda selama ini mengira bahwa produk air mineral dalam kemasan premium satu ini berasal dari perusahaan luar negeri. Padahal, minuman ini berasal dari pegunungan salak tanah air.

Menariknya, sekarang ini produk equil ini sudah dikirim ke Arab Saudi, Singapura, Hongkong sampai Italia. Hal tersebut salah satunya ditunjang oleh desain kemasan produk Indonesia satu ini yang nampak eksklusif dan elegan.

air mineral equil, sumber: goodnewsfromindonesia.id
Tampilan air mineral equil, sumber: goodnewsfromindonesia.id

Lebih menariknya lagi, produk air mineral dalam kemasan ini juga bisa bersaing secara profesional dan elegan dengan produk air mineral dari Prancis yang sudah mendunia. Hebat bukan?

Itulah beberapa produk asli tanah air, hasil karya anak bangsa yang ternyata namanya sudah mendunia setelah dibungkus dengan desain kemasan yang menarik, elegan dan cantik. Anda sebelumnya mungkin tidak menyangka produk produk tersebut adalah buatan dalam negeri.

Semoga kedepannya semakin banyak produsen dan pelaku bisnis kreatif lainnya yang mulai sadar akan pentingnya mengemas produk dengan kemasan yang bisa membuatnya terkenal hingga mancanegara.

Jika Anda membutuhkan kemasan untuk memperindah produk Anda, mengonsultasikan dan mempercayakannya pada kami adalah pilihan yang tepat. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa dapatkan dengan menghubungi kontak kami atau dengan mengunjungi website putramapack.com.

Selain itu, di website yang sama, Anda juga bisa mendapatkan banyak artikel informatif dan inspiratif berkenaan dengan dunia kemasan. Misalnya mengetahui apa saja jenis kemasan berdasarkan penggunaannya berikut ini.